Reminder: Blog ini berisi iklan pihak ke 3, yang tidak terkait dengan konten

Venomena Kesurupan Penyakit Jiwa atau Gangguan Jin?

Dewasa ini banyak terdengar kabar tentang kesurupan baik kesurupan sendirian atau kesurupan massal. Sebenarnya apa sih penyebabnya? YUk kita simak Venomena Kesurupan Penyakit Jiwa atau Gangguan Jin?. Semoga menambah wawasan kita semua.


Venomena Kesurupan Penyakit Jiwa atau Gangguan Jin?

Bagi kaum rasionalis pasti tidak percaya adanya kesurupan karena faktor luar yakni gangguan sihir atau jin. Mereka baru akan percaya ketika sudah mengalami sendiri.

Yuk kita bahas Venomena Kesurupan Penyakit Jiwa atau Gangguan Jin?

Sumber dari grup dan channel ilmu pengobatan islam yang saya ikuti.

Simak ya?

---------------------------------

*Penyebab Kesurupan*

Penyebab kesurupan menurut para ahli juga berbeda-beda, sebagaimana pandangan mereka tentang kesurupan itu sendiri. Namun secara umum kita dapat menyimpulkan bahwa proses kesurupan melibatkan proses sebab-akibat. Artinya sebelum terjadinya kesurupan pasti ada penyebabnya. 

Penyebabnya secara sederhana dapat dibagi menjadi dua hal. Pertama, sebab internal yaitu sebab yang berasal dari dalam diri seseorang. Misalnya lemahnya iman, jiwa yang tidak stabil, stress, banyak masalah dan sebagainya. Inilah sebab yang umumnya disepakati oleh para ahli baik dari kalangan medis maupun dari kalangan agama. 

Kedua, sebab eksternal yaitu penyebab yang timbul dari luar diri seseorang. Mereka yang mengakui sebab kedua ini berpendapat bahwa ada ruh atau kekuatan ghaib dari luar yang mempengaruhi diri seseorang sehingga mereka bertindak di luar kesadaran. 

Kekuatan ghaib dari luar inilah yang menurut para ulama kita disebut dengan jin. Sebagaimana dinyatakan oleh Ibnu Hajar Al Haitami di dalam kitabnya Al Fatawa Al Haditsiyah, setelah menyebutkan hadits: ”Sesungguhnya setan mengalir pada anak Adam seperti aliran darah” (HR Bukhari-Muslim). 

Beliau menyatakan bahwa hadits ini membantah orang yang menolak masuknya jin ke dalam badan manusia. Hadits ini pula yang dijadikan dalil sebagian ulama yang mendukung pendapat bahwa setan bisa menembus ke dalam diri manusia dan menimbulkan kesurupan. 


*SEBAB-SEBAB INTERNAL*

Kita akan membahas sebab internal (dari dalam diri) terlebih dahulu, sebelum membahas ”oknum jin" sebagai tersangka utama dalam kasus kesurupan. Hal ini penting sebab seseorang akan sulit ditaklukkan atau dikuasai oleh jin jika dirinya mempunyai pertahanan diri yang kuat. 

Sebagaimana sebuah negeri atau daerah akan sulit dijajah oleh bangsa lain kecuali negeri tersebut dalam keadaan lemah dan tidak mampu mempertahankan diri. Dan kita harus ingat bahwa sesungguhnya bangsa jin itu lemah dan berada di bawah derajat manusia, tapi kenapa manusia bisa dikuasainya ? 

Menurut Syaikh Wahid Abdus Salam Bali paling tidak ada empat kondisi di mana manusia berpotensi untuk diganggu dan disusupi jin. Empat keadaan tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Kondisi yang sangat marah 

2. Rasa takut yang berlebihan 

3. Nafsu syahwat yang menguasai diri 

4. Sangat lalai 

Untuk penjelasannya silahkan membuka buku karya Syekh Wahid Abdus Salam Bali. 


*SEBAB EKSTERNAL*

Penyebab kesurupan yang bersifat eksternal menempatkan jin sebagai tersangka utama yang pantas untuk diwaspadai. 

pantas untuk selalu diwaspadai. Pendapat ini mungkin kelihatan ganjil alias aneh bagi mereka yang selalu mengedepankan akal atau rasio dalam berpikir, mereka tidak bisa menerima keberadaan hal-hal ghaib yang tak bisa dilihat dengan panca indera. 

Padahal selaku seorang muslim kita Wajib percaya akan keberadaan hal-hal ghaib, bahkan hal ini merupakan bagian dari prinsip keimanan kita. Sebagaimana disebutkan Allah dalam Al Qur'an:' 

Alif laam miin. Kitab (Al Quran) Ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka.(QS. Al Baqarah [21:1-3) 

Pandangan yang mengatakan bahwa kesurupan hanyalah gejala sakit jiwa dan sama sekali tidak ada kaitan dengan jin, sesungguhnya tidak punya alasan yang kuat, baik dari sisi akal, apalagi ditimbang berdasar Al Quran dan sunah. 

Dari sisi akal, ”Apakah mungkin seseorang yang sebelumnya tidak pernah belajar atau menguasai bahasa tertentu namun tiba-tiba bisa berbahasa di luar bahasa yang dikuasainya ?”. Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang yang kesurupan tiba-tiba bisa berbahasa asing atau memperagakan ilmu-ilmu bela diri yang tak pernah mereka kuasai sebelumnya. 

Hal ini tidak bisa dijelaskan oleh para rasionalis kenapa bisa terjadi seperti itu. Sedangkan para ulama kita dengan jelas menerangkan, bahwa hal semacam itu tidaklah terjadi melainkan karena ulah jin yang usil menggoda manusia. 

Sesungguhnya peristiwa kerasukan atau jin masuk pada tubuh manusia ada keterangan dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Kita harus percaya bahwa jin bisa masuk ke dalam tubuh manusia bahkan bisa menyakiti manusia. 

Kesurupan bukan fenomena sakit jiwa, tetapi merupakan gangguan jin pada manusia. Adapun yang menjadi alasannya akan diterangkan dalam tulisan  berikutnya. Insya Allah. 

✍📮RUDI ABU AZKA 

📚 PUSTAKA RUQYAH


Referensi sumber:

@infoseputarruqyah
Sumber lainnya

Demikian artikel Venomena Kesurupan Penyakit Jiwa atau Gangguan Jin?. Semoga bermanfaat. Share Venomena Kesurupan Penyakit Jiwa atau Gangguan Jin ini ke teman anda ya?

Sukses



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kitab Penghancur Sihir Panduan Menghancurkan SIhir Santet Sampai Tuntas

Assalamualaikum wrwb. Perkenalkan saya Pendekar Langit dengan bangga mempersembahkan buku panduan dengan judul "Kitab Penghancur Sihir&...